Tugas Pengantar Hardware


BAB I
PENGENALAN KOMPUTER


1.1 Definisi Komputer.

Komputer (computer) diambil dari bahasa latin Computare yang berarti menghitung (to compute atau reckon). Didalam beberapa buku komputer, penulis banyak yang mendefinisikan apa itu komputer.

Para ahli banyak berpendapat dan mendefinisikan tentang komputer itu sendiri. Namun, pada intinya dapat disimpulkan bahwa komputer adalah suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolah input, memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis. Atau bahwa komputer adalah seperangkat alat elektronik yang bekerja dengan intruksi (input) untuk mengolah data (processing) menjadi informasi yang lebih bermanfaat (output).












1.2 Sejarah Komputer.

Sejak dahulu kala, proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia. Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan elekronik untuk membantu manusia dalam perhitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapatkan hasil lebih cepat.
Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuan-penemuan manusia sejak dahulu kala berupa alat mekanik ataupun elektronik.

Berdasarkan perkembangan teknologi komputer, maka perkembangannya dapat kita
bagi menjadi 2 bagian yaitu :
a. Sebelum tahun 1940.
b. Setelah tahun 1940.

A. Sebelum tahun 1940.
Bagaimanapun juga alat pengolah data dari sejak jaman purba sampai saat ini bisa kita golongkan ke dalam 4 golongan besar, yaitu :
1. Peralatan manual. 
Yaitu peralatan pengolahan data yang sangat sederhana, dan faktor terpenting dalam pemakaian alat adalah menggunakan tenaga tangan manusia.
2. Peralatan Mekanik.
Yaitu peralatan yang sudah berbentuk mekanik yang digerakkan dengan tangan secara manual.
3. Peralatan Mekanik Elektronik.  
Yaitu Peralatan mekanik yang digerakkan oleh secara otomatis oleh motor elektronik.
4. Peralatan Elektronik.
Peralatan yang bekerjanya secara elektronik penuh.

Beberapa peralatan yang telah digunakan sebagai alat hitung sebelum ditemukannya komputer :

            a. Abacus.
Abacus (sempoa) muncul sekitar tahun300 SM diasia kecil, dapat dianggap sebagai awal mula mesin komputasi. Fungsipenjumlahan, pengurangan, perkaliandan pembagian dapat dilakukan denganAbacus standar atau
Muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di Asia kecil dan masih digunakan di beberapa tempat hingga saat ini, dapat dianggap sebagai awal mula mesin komputasi. Alat ini
memungkinkan penggunanya untuk melakukan perhitungan menggunakan biji-bijian
geser yang diatur pada sebuh rak. Para pedagang di masa itu menggunakan abacus untuk menghitung transaksi perdagangan. Seiring dengan munculnya pensil dan kertas, terutama di Eropa, Abacus kehilangan popularitasnya.

            b. Kalkulator Roda Numeric.
Setelah hampir 12 abad, muncul penemuan lain dalam hal mesin komputasi. Pada
tahun 1642, Blaise Pascal (1623-1662), yang pada waktu itu berumur 18 tahun,
menemukan apa yang ia sebut sebagai kalkulator roda numerik (numerical wheel calculator) untuk membantu ayahnya melakukan perhitungan pajak. Kotak persegi kuningan ini yang dinamakan Pascaline, menggunakan delapan roda putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga delapan digit. Alat ini merupakan alat penghitung bilangan berbasis sepuluh. Kelemahan alat ini adalah hanya terbatas untuk melakukan penjumlahan.
           
            c. Kalkulator Roda Numeric 2.
Tahun 1694, seorang matematikawan dan filsuf Jerman, Gottfred Wilhem von
Leibniz (1646-1716) memperbaiki Pascaline dengan membuat mesin yang dapat
mengalikan. Sama seperti pendahulunya, alat mekanik ini bekerja dengan menggunakan roda-roda gerigi. Dengan mempelajari catatan dan gambar-gambar yang dibuat oleh Pascal, Leibniz dapat menyempurnakan alatnya.



            d. Kalkulator Mekanik.
Charles Xavier Thomas de Colmar menemukan mesin yang dapat melakukan empat fungsi aritmatik dasar. Kalkulator mekanik Colmar, arithometer, mempresentasikan pendekatan yang lebih praktis dalam kalkulasi karena alat tersebut dapat melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Dengan kemampuannya, arithometer banyak dipergunakan hingga masa Perang Dunia I. Bersama-sama dengan Pascal dan Leibniz, Colmar membantu membangun era komputasimekanikal.

B. Setelah tahun 1940.
Perkembangan komputer setelah tahun 1940 dibagi lagi menjadi 5 generasi.

1. Komputer Generasi Pertama (Tabung Vacum).
Ciri-ciri Komputer Generasi Pertama :
        Sirkuit menggunakan tabung hampa (Vacuum Tube)
         Program hanya dapat dibuat dengan menggunakan bahasa mesin (Machine Language).
        Menggunakan konsepstored program dengan memori utamanya adalah magnetic core storage.
        Menggunakan simpanan luarmagnetic tape dan magnetic disk.
        Ukuran fisik komputer besar, memerlukan ruangan yang luas.
        Cepat panas, sehingga diperlukan pendingin.
        Prosesnya kurang cepat.
        Simpanannya kecil.
        Membutuhkan daya listrik yang besar.
        Orientasi utama pada aplikasi bisnis.

Beberapa komputer generasi pertama :
A. ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Calculator )
Dirancang oleh Dr John Mauchly dan Presper Eckert pada tahun 1946.
Komputer generasi ini sudah mulai menyimpan data yang dikenal sebagai konsep
penyimpanan data (stored program concept) yang dikemukakan oleh John Von
Neuman.

KOMPUTER ENIAC



B. EDVAC Computer.
John Van Neumann seorang ahli matematika yang merupakan konsultan pembuatan ENIAC pada tahun 1945 mencoba memperbaiki kelemahan ENIAC dengan rancangan
komputer barunya, bernama EDVAC (Electronic Discrete Variable Computer) dengan konsep program tersimpan (stored program concept).
           

                                               
KOMPUTER EDVAC

Penggunaan tabung vakum juga telah dikurangi didalam perancangan komputer EDVAC (Electronic DiscreteVariable Automatic Computer) dimana proses perhitungan menjadi lebih cepat dibandingkan ENIAC.

C. EDSAC Computer.
EDSAC (Electonic Delay Storage Automatic Calculator) memperkenalkan penggunaan raksa(merkuri) dalam tabung untuk menyimpan data.  
                               

KOMPUTER EDSAC



D. UNIVAC 1 Computer.
Pada tahun 1951 Dr Mauchly dan Eckert menciptakan UNIVAC 1 (Universal
Automatic Calculator ) komputer pertama yang digunakan untuk memproses data
perdagangan.


2. Komputer Generasi Kedua (Transistor).
Ciri-ciri Komputer generasi kedua :
        Sirkuitnya menggunakan transistor (dikembangkan diBell Laboratories oleh John Barden, WilliamShockley & Walter Brattain tahun 1947).
        Program dapat dibuat denganbahasa tingkat tinggi (High Level Language) ex: FORTRAN.
        Kapasitas memori utama sudah cukup besar dengan pengembangan magnetic core storage.
        Menggunakan simpanan luar magnetic tape dan magnetic disk yang berbentukremovable disk .
        Mempunyai kemampuan prosesreal time dan time sharing.
        Ukuran fisik komputer lebihkecil dibandingkan generasi pertama.
        Proses operasi sudah lebih cepat.
        Membutuhkan lebih sedikit daya listrik.
        Orientasi tidak hanya aplikasi bisnis tapi juga keaplikasi teknik.

Komputer generasi kedua Menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singakatan untuk menggantikan kode biner. Pada awal 1960-an, mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di universitas, dan di pemerintahan. Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini: printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program.
Komputer generasi ini adalah :
♦   1959 : PDP 1 dibuat oleh DEC (Digital Equipment Corporation), Ken & Stan Olsen danHarlan Anderson
♦   1963 : PDP 5, komputer mini komersial pertama, selain itu juga ada PDP 8.
♦   Komputer yang paling banyak digunakan pada generasi keduaini adalah IBM 401 untukaplikasi bisnis, IBM 1602 & IBM 7094 untuk aplikasi teknik

KOMPUTER DEC PDP-8



3. Komputer Generasi Ketiga (Integrated Circuits).
Ciri-Ciri komputer generasi ketiga :
        Komponen sirkuit menggunan IC (Integrated Circuits).
        Peningkatan kemampuan software.
        Lebih cepat dan lebih tepat.
        Kapasitas memori komputer lebih besar.
        Menggunakan penyimpanan luar yang sifatnya random access.
        Penggunaan daya lebih hemat.
        Memungkinkan untuk melakukan multi processing.
        Pengembangan dari alat input dan output dengan menggunakan Visual Display terminal.
        Harga semakin murah.
        Kemampuan komunikasi data antar komputer.

Pada tahun 1958 terjadi revolusi elektronika kembali, yaitu ditemukannya integrated
Circuit (IC) yang merupakan penggabungan komponen–komponen elektronika dalam suatu paket.Dengan ditemukan IC ini semakin mempercepat proses komputer, kapasitas memori makin besar dan bentuknya semakin kecil.
Komputer generasi ini adalah :
♦   1964 : IBM S/360, komputer generasi ketiga pertama digunakan untuk aplikas ibisnis dan teknik.
♦   1964 : DEC PDP-8. Komputer ini memiliki keunggulan bentuknya yang kecil sehingga sangat fleksibel digunakan.
♦   1969 : NOVA, dikembangkan oleh Data General Corporation, komputer mini 16 bit pertama. 

4. Komputer Generasi Keempat (Very Large Scale Integration).
Ciri-Ciri Komputer Generasi KeEmpat :
        Penggunaan Large Scale Integration (LSI) / Bipolar Large Scale Integration, yaitu pemadatan ribuan IC menjadi sebuah chip.
        Dikembangkan komputer mikro dengan menggunakan microprocessor dan semiconductor yang berbentuk chip untuk memori komputer.

Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran
sirkuit dan komponen-komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat
ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale
Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.

Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan.Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukurang setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan komputer. Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil. Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik.Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama kemudian, setiap perangkat rumah tangga seperti microwave oven, televisi, dn mobil dengan electronic fuel injection dilengkapi dengan mikroprosesor.

Perkembangan yang demikian memungkinkan orang-orang biasa untuk menggunakan komputer biasa. Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaanperusahaan besar atau lembaga pemerintah. Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum. Komputer-komputer ini, yang disebut minikomputer, dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980-an, video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram.
Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit di tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit di tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta PC digunakan. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop).

IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. Apple Macintosh menjadi terkenal karena mempopulerkan sistem grafis pada komputernya, sementara saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis teks. Macintosh juga mempopulerkan penggunaan piranti mouse. Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Dan sekarang juga sudah ada intel core 2 dual, dual core, centrino, dll
Ini semua masuk dalam golongan komputer generasi keempat.

Seiring dengan menjamurnya penggunaan komputer di tempat kerja, cara-cara
baru untuk menggali potensial terus dikembangkan. Seiring dengan bertambah kuatnya
suatu komputer kecil, komputer-komputer tersebut dapat dihubungkan secara
bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori, piranti lunak, informasi,
dan juga untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Komputer
jaringan memungkinkan komputer tunggal untuk membentuk kerjasama elektronik
untuk menyelesaikan suatu proses tugas. Dengan menggunakan perkabelan langsung
(disebut juga local area network, LAN), atau kabel telepon, jaringan ini dapat
berkembang menjadi sangat besar.

5. Komputer Generasi Kelima.
Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi semakin memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model non Neumann. Model non Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.

Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia. Kita tunggu informasi mana yang lebih valid dan membuahkan hasil.





1.3 Sistem Komputer

Supaya komputer dapat digunkn untuk mengolah data, maka harus berbentuk sistem komputer (Computer System). Sistem adalah jaringan daripada elemen-elemen yang saling berhubungan membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan suatu tujuan pokok dari sistem tersebut.
Tujuan pokok dari sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi. Supaya tujuan pokok tersebut terlaksana, maka harus ada elemen-elemen yang mendukungnya. Elemen-elemen dari sistem komputer adalah :
  1. Hardware (Perangkat / Piranti Keras) adalah peralatan disistem komputer yang secara fisik terlihat dan dapat dijamah.
  2. Software (Perangkat / Piranti Lunak) adalah program yang berisi perintah-perintah untuk melakukan pengolahan data.
  3. Brainware adalah manusia yang terlibat didalam pengoprasian serta mengatur sistem operasi.

1.3.1    Hardware (Perangkat Keras Komputer).
Bagian pertama sistem komputer adalah perangkat keras. Tanpa adanya perangkat ini maka komputer tidak akan pernah ada wujudnya. Perangkat keras dapat didefinisikan sebagai komponen-komponen yang dapat dilihat secara fisik dan dapat dirasakan keberadaannya.
Berikut ini adalah komponen hardware utama sistem komputer, yaitu :
Central Processing Unit (CPU)

CPU (processor) adalah inti komputer yang berfungsi sebagai kendali utama komputer. Segala sesuatu yang dikerjakan komputer, berada dibawah pengawasan CPU.
Istilah lain CPU adalah Microprocessor, yaitu mesin komputasi lengkap yang disusun pada sebuah chip. Microprocessor pertama adalah Intel 4004 yang diperkenalkan pertama kali pada tahun 1971. Processor ini tidak terlalu “hebat”, yang bisa dilakukannya ‘hanya’ penjumlahan dan pengurangan saja. Processor 4004 digunakan pada kalkulator elektronik pertama.

Processor pertama yang dibuat untuk home computer adalah Intel 8080, mulai diperkenalkan pada tahun 1974. Seiring waktu dan perkembangan teknologi, jenis processor ini berkembang mulai 8088, 80286, 80386, 80486, Pentium, Pentium II, Pentium III, dan yang terakhir adalah Pentium 4 yang memiliki kecepatan 5000 kali lebih cepat dibandingkan dengan 8088. Saat ini disain processor modern sudah menggunakan teknologi dua inti (core 2).

Sebuah processor akan meng‐eksekusi serangkaian kode dari berbagai komponen, yang memberikan instruksi kepada processor untuk melakukan sesuatu. Berdasarkan instruksi/perintah yang diterimanya, processor melakukannya dengan tiga cara yaitu :
1. Menggunakan ALU (Arithmetic/Logic Unit), yaitu processor dapat melakukan operasi matematika (jumlah, kurang, kali, bagi), dan logika.
2. Processor dapat memindahkan data dari suatu lokasi memori ke lokasi lainnya.
3. Processor dapat membuat suatu keputusan dan beralih kepada serangkaian instruksi berdasarkan keputusan tersebut.

♦  Memory

Memori adalah media penyimpanan data yang paling cepat. Harus cepat karena komponen ini terhubung langsung dengan processor. Memory merupakan media penyimpan data sementara dalam upaya mempercepat proses pengolahan data, dan berfungsi untuk menyimpan data dan program. Terdapat beberapa penggolongan memori dari yang tercepat hingga yang terlambat dalam akses data
Terdapat banyak jenis memory. Jenis memory yang paling umum terdiri dari dua jenis yaitu :
1. Random access memory (RAM)
RAM adalah memori dimana data atau program yang terdapat didalamnya dapat dibaca dan dirubah. RAM digunakan sebagai media penyimpanan data sementara yang sedang dikerjakan oleh komputer.
2. Read only memory (ROM)
ROM adalah jenis memori permanen yang digunakan komputer untuk data yang hanya bisa dibaca dan tidak boleh dirubah. Pada PC, salah satu contoh ROM adalah terdapat pada BIOS (Basic Input Output System) terdapat pada mainboard. Berfungsi untuk mengatur peripheral yang ada pada mainboard.

♦  Input/Output Device

Input-Output Device, merupakan bagian yang berfungsi sebagai penghubung antara komputer dengan lingkungan di luarnya.

Dapat dibagi menjadi dua kelompok, yaitu :
a. Input Device (Piranti Masukan), berfungsi sebagai media komputer untuk menerima masukan dari luar. Beberapa contoh piranti masukan : Keyboard, Mouse, Touch Screen, Scanner, Camera, Modem, Joystick, Dll
b. Output Device (Piranti Keluaran), berfungsi sebagai media komputer untuk memberikan keluaran. Beberapa contoh piranti masukan : Monitor, Printer, Modem, Speaker, Dll


1.3.2  Software (Perangkat Lunak Komputer).

Secara umum, perangkat lunak dapat dibedakan menjadi 5 golongan, yaitu sistem operasi (operating system), program bantu atau utilitas (utility), program paket (package program), program aplikasi (application program) dan bahasa pemrograman(programming language).

1.3.2.1. Sistem Operasi.
Sistem operasi merupakan perangkat lunak yang menangani fungsi-fungsi dasar seperti mengatur media masukan – proses – keluaran, mengatur table pengkodean, mengatur memori, mengatur penjadwalan prosesor dan menyediakan fasilitas-fasilitas tententu sehingga golongan perangkat lunak la innya dapat bekerja. Tanpa sistem operasi, komputer dan golongan perangkat lunak yang lain tidak dapat digunakan sebagaiman mestinya.

Beberapa perangkat lunak yang tergolong sebagai sistem operasi adalah sebagai berikut:
  •  PC-DOS (Personal Computer Disk Operating System), merupakan sistem operasi   yang paling banyak digunakan untuk komputer-komputer pribadi di Indonesia.
  • MS-DOS (Microsoft Disk Operating System), merupakan versi lain dari sistem operasi PC-DOS.
  • UCSD p-System (University of California at San Diego pseudo System).
  • OS/2 (Operating System 2), merupakan sistem operasi yang dibuat untuk keluarga komputer PS/2.
  • UNIX, merupakan sistem operasi yang pada awalnya diciptakan untuk komputer-komputer besar (mainframe), kemudian dikembangkan untuk komputer sedang (minicomputer), dan terakhir untuk komputer pribadi (PC).
  • XENIX, merupakan versi UNIX yang dikembangkan oleh Microsoft untuk komputer IBM PC/AT.
  • CP/M-86 (Control Program for Microprocessor 8086)
  • CCP/M-86 (Concurrent CP/M-86)
  • Windows, merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft untuk mendukung konsep multi user, multi programming, multi processing, multi tasking dan time sharing.
  • Linux, merupakan sistem operasi berbasis UNIX yang dapat berjalan di berbagai macam perangkat keras terutama di PC berbasis Intel x86. Dikatakan berbasis UNIX karena Linux dikembangkan menurut standar yang dimiliki UNIX dan kemampuan yang sama dengan UNIX. Artinya Linux memiliki kemampuan baik sebagai server maupun workstation layanknya UNIX. Sekarang Linux telah dapat berjalan pula pada Macintosh (Motorolla), Sun Sparc, DEC Alpha, Amiga, StrongARM dan masih banyak lagi.
  • Windows NT, merupakan versi Windows yang lebih dikhususkan untuk jaringan (networking).

1.3.2.2. Program Utilitas (Program bantu)
Program utilitas merupakan perangkat lunak yang bertugas untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan minor dalam pengorperasian mesin, sepertimempersiapkan pemakaian media disk, membuat/menghapus proteksi suatusistem software, manajemen berkas (mengkopi dan menghapus berkas,membatalkan penghapusan berkas, mengelompokkan berkas ke dalam suatudirektori), diagnosa dan perbaikan berkas yang rusak, fragmentasi media penyimpan (memaksimalkan penggunaan hardisk atau disket) dan lain- lain.



Beberapa contoh perangkat lunak yang tergolong sebagai program adalah :
  • NC (Norton Commander)
  • NU (Norton Utility)
  • PC-TOOLS
  • Diagnostic Test
  • Disk optimizer
  • Copy Tools
  • Advance Diagnostic
  • dan lain- lain

1.3.2.3. Program Paket
Program paket adalah sebuah perangkat lunak yang kompleks untuk mengerjakan keperluan-keperluan tertentu. Program paket masih dapat digolongkan lagi ke dalam beberapa golongan :
  • Pengolah kata (Word Processor), merupakan paket program yang memanfaatkan komputer sebagai mesin ketik canggih. Contoh : WordStar (WS), Multimate, PFS Write, Lotus Manuscript, Turbo Sprint, Chi Writter (CW), Word Perfect (WP), Amipro (dari Lotus), Microsoft Word (MS Word) dll.
  • Spreadsheet, merupakan paket program yang membuat komputer dapat berfungsi sebagai kertas kerja yang dilengkapi dengan fasilitas perhitungan-perhitungan otomatis. Contoh : Lotus 1-2-3, Quatro, MS Excell, SuperCalc, Symphony, Multiplan,Javelin, Visicalc, Enable, SmartWork, FrameWork, Open Access, dll.
  • Publisher, merupakan paket program yang diciptakan untuk keperluan setting percetakan (mengatur tampilan halaman surat kabar, majalah, tabloid, buku). Contoh : PageMaker Publisher, Xerox Venture Publisher, Harvard Publisher, Click Art Publisher, dll.
  • Database (Pengolah Data). Contoh : dBASE, Paradox, dBXL, FoxBase, DacEasy Base, Knowledge Man, RBASE 5000, RapidFile, Reflex, Revelation, Clipper, Microsoft Access, dll.
  • Statistik. Contoh : SPSS/PC+, SAS, SYSTAT, STATGRAPHICS, MicroSTAT, Mathematics, dll.
  • Computer Aided Design, merupakan paket program yang diciptakan khusus untuk keperluan desain (perancangan). Contoh :
-          AutoCad dan ArchiCad (paket program untuk perancangan arsitektur bangunan, produk manufaktur)
-          Microsim PSpice, Electronic Workbench, OrCad dan Protel (untuk imulasi, analisis dan perancangan rangkain elektronika analog maupun digital)
-          SAP (Structural Analisis Program, untuk struktur bangunan, biasa digunakan orang teknik sipil)
-          PC Paint Brush, Drafix, ProDesign, In-A-Vision, Corel Draw, Visio Technical, dll.

1.3.2.4. Program Aplikasi
Program aplikasi merupakan program yang siap dipakai untuk beberapa aplikasi tertentu. Beberapa program yang dapat digolongkan sebagai program aplikasi adalah DEA (Dac Easy Accounting), PrintShop, IUS Accunting Plus Series, Interactive EasyFlowl, FormTool, PrintShop, PhotoShop, Matlab, MatChad dan lain- lain.

1.3.2.5. Bahasa Pemrograman
Bahasa pemrograman sebenarnya sebuah perangkat lunak yang diciptakan secara khusus untuk membuat perangkat lunak golongan lainnya (program utilitas, pakaet program, program aplikasi dan bahkan sistem operasi).

Berdasarkan kedekatannya dengan bahasa manusia, bahasa pemrograman ini dibedakan menjadi 3 tingkatan :
1. Bahasa pemrogram tingkat tinggi
Merupakan bahasa pemrograman yang instruksinya paling dekat dengan manusia (dalam hal ini bahsa inggris), seperti : BASIC, FORTRAN, Pascal, Clipper, COBOL, LISP, ADA, ALGOL, Modula 2, Smalltalk, Prolog dan lain-lain. Program yang dihasilkan dengan bahasa tingkat tinggi ini lebih lambat dibandingkan dengan program yang dihasilkan dengan bahasa pemrograman yang lebih rendah tingkatannya, tetapi lebih mudah pemrogramannya.
2. Bahasa pemrograman tingkat menengah
Merupakan bahasa pemrograman yang instuksinya masih dekat dengan bahasa manusia tetapi program yang dihasilkan mempunyai kecepatan yang lebih baik daripada bahasa pemrograman tingkat tinggi. Penggolongan tingkat menengah ini sebenarnya muncul belakangan. Contoh bahasa pemrograman tingkat menengah adalah bahasa C dan Java.
3. Bahasa pemrograman tingkat rendah
Merupakan bahasa dasar komputer (disebut juga sebagai bahasa rakitan). Pemrograman dengan bahasa tingkat rendah ini memerlukan logika yang cukup rumit di samping instruksinya yang jauh berbeda dengan bahasa manusia. Program yang dihasilkan dengan bahasa pemrograman ini mempunyai kecepatan yang baik. Contoh bahasa perograman tingkat rendah adalah bahasa Assembly (Asembly = rakitan, Asembler = perakit).

Selain pengelompokkan di atas, ada buku yang mengelompokkan bahasa pemrograman ke dalam tiga kelompok lain, yaitu :
1. Bahasa Mesin (Machine Language)
Bahasa pemrograman yang menggunakan urutan instruksi yang direpresentasikan dalam bilagan biner 0 dan 1. instruksi-instruksi pada katagori ini merupakan le vel terendah, artinya instruksi- instruksi yang dapat langsung diterima dan dilaksanakan oleh komputer tanpa komputer harus menerjemahkan terlebih dahulu. Kode 0 dan 1 yang digunakan untuk menyusun instruksi dikenal dengan kode biner. Cara lain untuk merepresentasikan kode biner adalah kode octal atau kode hexadesimal.
2. Bahasa Assembly (Assembly Language)
Bahasa pemrograman yang menggunakan kode-kode yang merupakan kombinasi huruf dan angka sehingga membentuk simbol-simbol yang sudah dibakukan. Kode yang dipakai dikenal dengan kode symbolic.
3. Bahasa tingkat tinggi (High Level Language).
Bahasa pemrograman yang berorientasi pada pemakai komputer. Karena berorientasi pemakai, maka agar dapat diterima dan dilaksanakan oleh komputer, instruksi yang ada dalam bahasa tingkat tinggi perlu diterjemahkan terlebih dahulu. Penterjemah ada tiga macam :
  • Assembler : untuk menerjemahkan program yang ditulis dalam kode simbolic ke bahasa mesin. Makro assembler dipergunakan untuk menerjemahkan program yang ditulis dalam bahasa assembly dengan fasilitas makro (makro adalah instruksi semu (instruksi baru yang terdiri dari beberapa instruksi dalam bahasa assembly))
  • Interpreter : untuk menerjemahkan setiap instruksi bahasa tingkat tinggi dan langsung melaksanakan. Jadi interpreter menerjemahkan baris demi baris.
  • Compiler : untuk menerjemahkan setiap instuksi bahasa tingkat tinggi ke bahasa mesin. Perbedaannya dengan interpreter, compiler menerjemahkan lebih dahulu seluruh program baru kemudian melaksanakannya.

1.3.3  Brainware (SDM).

Terdapat berbagai peran yang dapat dilakukan manusia dalam bagian sistem komputer. Beberapa peran di antaranya adalah
1.      Analis Sistem, berperan melakukan analisis terhadap permasalahan yang dihadapi,serta merancang solusi pemecahannya dalam bentuk program komputer.
2.      Programmer, berperan menerjemahkan rancangan yang dibuat analis kedalam bahasa pemprograman sehingga solusi dapat dijalankan oleh komputer
3.      Operator, bertugas menjalankan komputer berdasarkan instruksi yang diberikan
4.      Teknisi, bertugas merakit atau memelihara perangkat keran komputer
5.      Animator, orang yang membuat tampilan animasi untuk media iklan ditelevisi, film, dll
6.      Web designer, orang yang menangani pembuatan tampilan informasi pada media internet.
7.      Technical Enginner, orang yang mengetahui masalah yang terjadi pada komputer secara teknis, baik itu menangani hardware ataupun software.
8.      Network Security Consultant, orang yang memberikan masukan atau saran dan menguji keamanan jaringan komputer secara professional.
9.      dll.


1.4     PENGGOLONGAN KOMPUTER.

Komputer oleh beberapa professional digolongkan dalam beberapa sudut pandangan. Ada yang menggolongkan berdasarkan data yang diolahnya, berdasarkan penggunaannya, berdasarkan ukurannya dan berdasarkan generasinya.

1.4.1 Berdasarkan data yang diolah.
Berdasarkan data yang diolah, komputer dapat diklasifikasikan menjadi :
  1. Komputer Analog, menerima sinyal masukan berupa data analog. Contoh : komputer penghitung aliran BBM dalam SPBU
  2. Komputer Digital, mernerima masukan digital, merupakan komputer kebanyakan yang kita kenal.
  3. Komputer hibrid, menerima masukan analog dan digital.

1.4.2 Berdasarkan Ukuran.
Berdasarkan ukuran fisik dan kapabilitasnya, komputer dapat diklasifikasikan menjadi :
  1. Komputer mikro, berukuran kecil, biasanya dipergunakan oleh satu orang. Contoh : PC, Notebook, Palmtop, PDA, dll
  2. Komputer Mini, berukuran lebih besar, biasa digunakan untuk kebutuhan pekerjaan yang lebih besar juga. Contoh : komputer Alfa, dll
  3. Supercomputer, merupakan komputer berkinerja amat tinggi, biasanya untuk memenuhi kebutuhan pemprosesan yang amat besar. Contoh : Cray, DeepBlue, EarthSimulator, dll
  4. Mainframe

1.4.3 Berdasarkan Generasi.
Berdasarkan generasi teknologi penyusunnya, komputer dapat diklasifikasikan menjadi
  1. Generasi I, tahun 1946-1959, menggunakan tabung hampa
  2. Generasi II, tahun 1959-1965, menggunakan transistor
  3. Generasi III, tahun 1965-1970, menggunakan IC (Integrated Circuit)
  4. Generasi IV, tahun 1970-sekarang, menggunakan VLSI (Very Large Scale IC)

1.4.4 Berdasarkan Tujuan Pembuatan.
Berdasarkan tujuan pembuatan, komputer dapat diklasifikasikan menjadi
  1. General Purpose, merupakan komputer yang dikembangkan untuk kebutuhan umum. Contoh : PC, Notebook, dll
  2. Special Purpose, merupakan komputer yang dikembangkan untuk kebutuhan khusus. Contoh : komputer khusus untuk bermain catur


1.5     STRUKTUR DAN FUNGSI KOMPUTER

Struktur komputer didefinisikan sebagai cara-cara dari tiap komponen saling terkait. Struktur sebuah komputer secara sederhana, dapat digambarkan dalam diagram blok berikut ini :

Sedangkan fungsi komputer didefinisikan sebagai operasi masing-masing komponen sebagai bagian dari struktur. Adapun fungsi dari masing-masing komponen dalam struktur di atas adalah sebagai berikut:
1. Input Device (Alat Masukan)
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer
2. Output Device (Alat Keluaran)
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara.
3. I/O Ports
Bagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data ke luar sistem. Peralatan input dan output di atas terhubung melalui port ini.
4. CPU (Central Processing Unit)
CPU merupakan otak sistem komputer, dan memiliki dua bagian fungsi operasional, yaitu: ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolah data, dan CU (Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer.
5. Memori
Memori terbagi menjadi dua bagian yaitu memori internal dan memori eksternal. Memori internal berupa RAM (Random Access Memory) yang berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu, dan ROM (Read Only Memory) yaitu memori yang haya bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan.
6. Data Bus
Adalah jalur-jalur perpindahan data antar modul dalam sistem komputer. Karena pada suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat. Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional, artinya CPU dapat membaca dan menirma data melalui data bus ini. Data bus biasanya terdiri atas 8, 16, 32, atau 64 jalur paralel.
7. Address Bus
Digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini, CPU akan mengirimkan alamat memori yang akan ditulis atau dibaca.Address bus biasanya terdiri atas 16, 20, 24, atau 32 jalur paralel.
8. Control Bus
Control Bus digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan Address Bus. Terdiri atas 4 sampai 10 jalur paralel.









BAB II
MOTHERBOARD


2.1 Pengertian Motherboard

Mainboard atau MD atau Motherboard atau biasa juga disebut dengan papan induk motherboard adalah papan elektronik utama yang menyatukan komponen-komponen komputer. Karena pada mothernoardlah semua komponen komputer akan disatukan atau motherboard menghubungkan semua peralatan komputer dan membuatnya bekerja sama sehingga komputer berjalan lancar.
Motherboard merupakan tempat berlalu lalangnya data, bentuk motherboard seperti sebuah papan sirkuit elektronik.
Contoh bentuk fisik motherboard seperti gambar dibawah ini :


Setelah kita mengetahui apa itu motherboard dan bagaimana bentuknya, sekarang kita akan membahas tentang komponen-komponen yang ada dimotherboard.


2.2 Komponen-komponen Motherboard

Komponen-komponen motherboard itu sendiri antara lain :

1. Processor

Processor atau CPU (Central Processing Unit) merupakan otak dari komputer yang melakukan pemprosesan dan operasi perhitungan dan logika terhadap intruksi program yang diberikan kekomputer.
Chip processor dibuat dari keeping silikon murni sebesar kuku jari berisi rangkaian terintegrasi dari ribuat hingga jutaan transistor yang mengimplementasikan fungsi dari processor. Rangkaian processor dihubungkan dengan kaki-kaki yang terdapat dibawah chip untuk jalur komunikasi sinyal masuk dan keluar dari rangkaian.
Processor adalah penrangkat utama komputer yang mengelolah seluruh aktifitas komputer itu sendiri. Processor terdiri dari 2 bagian utama yaitu :
  • CU (Control Unit).
Merupakan komponen utama prosesor yang mengontrol semua perangkat yang terpasang pada komputer, mulai dari input device sampai dengan output device.
  • ALU (Arithmetic Logic Unit).
Merupakan bagian dari prosesor yang khusus mengolah data aritmatika (menambah, mengurang, dll) serta data logika (perbandingan).

Processor adalah salah satu komponen inti yang wajib ada, fungsinya adalah memproses semua informasi dari input komputer yaiutu mouse, keyboard, dll yang diproses menjadi bahas mesin yang hanya dimengerti oleh komputer sendiri semacam translator gampangnya. Contoh bentuk fisik motherboard seperti gambar dibawah ini :



2. Konektor Power

Konektor power adalah PIN yang menyambungkan Motherboard dengan power supply dicasing sebuah komputer.

                                   
3. Memori

Memori merupakan perangkat yang bertugas membantu prosesor untuk menampung data agar selalu siap untuk dapat diakses oleh prosesor.
Yang disebut memori pada komputer sebetulnya mengacu pada RAM (Random Access Memory). Sebuah komputer membutuhkan RAM untuk menyimpan data dan intruksi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan sebuah perintah (task). Data atau intruksi yang tersedia pada RAM memungkinkan processor atau CPU untuk mengaksesnya dengan cepat. Memori berfungsi untuk menyimpan data dan program. Jenis memori Utama :
  • ROM (Read Only Memory).
Yaitu memori yang hanya bias dibaca saja datanya atau programnya. Fungsi utamanya adalah sebagai penyimpanan program yang dibutuhkan untuk pengendalian fungsi-fungsi dasar komputer. Memori bertipe non-volatil yaitu data tidak akan hilang bila komputer dimatikan.
  • RAM (Random Access Memory).
Yaitu memori yang memiliki kemampuan untuk dirubah data atau program yang tersimpan didalamnya. Fungsi utamanya adalah sebagai penyimpanan sementara data dan program saat komputer digunakan sehingga data yang ada bila tidak lebih dulu disimpan disistem penyimpanan permanent akan hilang ketika komputer dimatikan. Memori bertipe volatile yaitu data akan hilang bila komputer dimatikan.

Contoh bentuk fisik Memory seperti gambar dibawah ini :


4. Chipset

Chipset adalah sebuah chip atau sekumpulan microcircuit yang tertanam dimotherboard yang bertugas mengatur lalu lintas data dari dan kekomponen PC termasuk processor, RAM, dan perangkat lainnya yang adapada slot PCI, AGP atau ISA dan lainnya. ibaratnya polisi lalu lintas atau mandor lapangan, disini dibutuhkan komandan yang mampu mengurusi proses komputer secara keseluruhan.
Secara fisik, chipset berupa sekumpulan IC kecil atau chips yang dirancang untuk bekerja sama dan memiliki fungsi-fungsi tertentu. Pada sistem hardware komputer, chipset ini bias terdapat pada motherboard, card-card (kartu-kartu), ekspansi, misalnya pada kartu grafis (video card) atau pada peralatan komputer lainnya.

Fungsi chipset pada motherboard tidak sama dengan chipset pada kartu-kartu ekspansi, begitu pula fungsi chipset pada peralatan komputer lainnya. Chipset sebenarnya tidak selalu terdiri dari sekumpulan IC atau sekumpulan chip kadang-kadang dijumpai hanya terdiri dari sebuah chip saja.
Chipset pada motherboard berfungsi untuk mengontrol input dan output (masukan dan keluaran) yang mendasar pada komputer, atau lebih jelasnya berfungsi untuk mengatur aliran data dari satu komponen kekomponen lainnya.
Misalnya mengarahkan data dari CPU (prosesor) menuju kartu grafis (video card) atau kesistem memori (RAM), serta mengarahkan aliran data melalui bus PCI, drive IDE dan port I/O. pada kasus ini dapat diibaratkan bahwa chipset seakan-akan berfungsi sebagai “polisi lalu-lintas” pengatur aliran data pada motherboard disebuah PC. Selain mengatur aliran data, chipset juga ikut menentukan piranti apa saja yang dapat didukung oleh PC tersebut, serta turut menentukan kecepatan FSB (Front Side Bus), bus memori, bus grafis, kapasitas serta tipe momori yang dapat didukung oleh motherboard yang bersangkutan dan menentukan standar IDE juga tipe port yang didukung oleh sistem.

Pada sebagian motherboard juga menggunakan skenario klasik, dengan menggunakan dua buah chipset, northbridge dan southbrige. Jika northbridge lebih menentukan dukungan untuk CPU, RAM dan bus. Termasuk dukungan untuk digunakannya dual VGA, baik dengan CrossFire maupun SLI. Southbridge melayani kebutuhan I/O seperti untuk storage, USB, dan seterusnya. Beberapa dilengkapi dengan controller tambahan untuk dukungan pengguanaan RAID, firewire, dan lain-lain.

Pada gambar motherboard diatas, perhatikan tanda panah biru. nTanda panah ini menunjukan Chipset.


5. Socket / Slot

Slot adalah tempat untuk menaruh perangkat tambahan peripheral pada motherboard. Yang masuk kategori ini adalah alat-alat bantu lain seperti sound card, modem, LAN card, MPEG card, VGA card, dll. Biasanya terdapat pada slot AGP dan PCI.
Misalnyan slot AVG untuk video card, slot ISA slot DIMM untuk memori module dan seterusnya.
Gagasan socket adalah bagaimana memasang komponen secara langsung pada motherboard tanpa memerlukan alat khusus lain. Komponen tersebut harus dimasukan dengan hati-hati dan terpasag dalam kondisi tegak kedalam socket. Dengan harapan kondisinya akan selalu tegap tidak berubah-ubah.
Tempat slot pada prosesor terdiri dari banyak lubang-lubang kecil karena pada dasarnya prosesor komputer seperti sebuah IC.
Socket (slot) banyak ditemui pada motherboard. Socket atau slot tersebut terdapat pada motherboard dalam kondisi disolder. Bentuknya selalu sesuai dengan kartu/card yang dibutuhkan.
Jumlah socket/slot pada setiap motherboard tidak selalu sama, sebagai contoh liat gambar dibawah ini :
  • CPU dan working storage (modul RAM).
  • Kartu perluasan (Expantion cards), bias juga disebut dengan adaptor (slot PCI, AGP dan AMR, dll).



6. I/O Port (Input / Output Port).

Port I/O merupakan port atau gerbang atau tempat dipasangnya konektor dari peralatan I/O. dimana setiap port I/O dibawah control dari prosesor.
1.  Port Paralel (LPT1 atau LPT2)
Merupakan port bagi peralatan yang bekerja dengan transmisi data secara parallel. Contoh peralatan yang menggunakan port ini adalah :Printer, Scanner dll.
2.   Port Serial (Com1, Com2 )
Merupakan port bagi peralatan yang bekerja dengan transmisi data secara serial. Contoh peralatan yang menggunakan port ini adalah : Mouse, Modem , dll.
3.   Port AT / PS2
Port ini umumnya digunakan untuk masukan dari Keyboard, Mouse.
4.   USB Port
USB Port (Universal Serial Bus ) Port merupakan Port Serial universal bagi peralatan yang bekerja dengan transmisi data secara serial. Contoh Perlatan yang menggunakan USB port : Camera Digital
5.   Port VGA
Merupakan port yang berhubungan langsung dengan monitor. Port VGA didapatkan dari pemasangan VGA Card.
6.   Port Audio
   Merupakan port yang berhubungan langsung dengan peralatan audio seperti   Tape, Radio, Speaker, Microphone, dll.

Selain port I/O ada juga yang disebut peripheral I/O.
Peripheral adalah sesuatu yang mengacu ke peralatan external yang dihubungkan dengan komputer. Peripheral komputer dapat dibagi ke dalam dua kategori berdasarkan fungsi.
  • Kategori pertama terdiri atas peralatan yang melaksanakan operasi input dan output, kategori ini meliputi keyboard, trackball, mouse, printer, dan display video.
  • Kategori kedua terdiri atas peralatan yang diutamakan pada penyimpan data sekunder, yang mana penyimpan utamanya disediakan oleh memori utama komputer.Ada banyak sekali peralatan penyimpan, seperti disk magnetic, optical disk, magnetic tapes, yang mampu untuk menyimpan data yang besar.
Berikut adalah contoh gambar port-port pada motherboard :

7. BIOS (Basic Input Output System)

BIOS adalah suatu program kecil yang terletak dichip motherboard berguna untuk mengatur dan mengontrol hardware komputer sebelum sistem operasi diload.
Bios itu sendiri merupakan software yang tersimpan pada ROM (read only memory) pada motherboard,software pertama dalam suatu komputer sebelum komputer itu bisa dijalankan. sedangkan fungsinya sendiri adalah untuk mendetek hardware yang dibutuhkan, dan juga melakukan awal instalasi, serta pengubah bahasa mesin menjadi bahasa monitor, dan itulah yang akhirnya anda lihat di layar monitor.
BIOS juga mengatur low level I/O, seperti keyboard dan display. Operating system juga dibantu BIOS untuk mengatur semua komponen yang terinstal pada PC, yang disebut dengan BIOS Run-Time Services.
Fungsi primer dari BIOS adalah untuk mengidentifikasi dan menginisialisasi komponen hardware sistem computer, seperti kartu grafis, harddisk, dan floppy disk, juga beberapa hardware lainnya.
Contoh bentuk BIOS seperti gambar dibawah ini :


8. Batere CMOS

CMOS (Complementary Metal Oxide Semiconductor) adalah memory yang digunakan untuk semua setting BIOS. Untuk menyimpan data ini, CMOS membutuhkan baterai yang terdapat pada motherboard. Batere ini berfungsi untuk memberi tenaga pada motherboard dalam mengenali konfigurasi yang terpasang, ketika ia tidak/belum mendapatkan daya dari power supply.
Baterai Cmos adalah baterai yang digunakan untuk mengatur tanggal, hari, bulan, tahun, dan waktu (jam).
Pada gambar diatas (gambar8) terdapat battery motherboard yang berfungsi untuk memelihara jam/pewaktuan dan menyimpan setting CMOS.

9. Jumper

Jumper adalah kabel-kabel kecil yang berfungsi dalam menghidupkan komputer dan terhubung pada mainboard melalui pin.
Pada gambar diatas (gambar8) terdapat jumper.

10. Power Supply

Sesuai namanya, Power Supply (PS) merupakan sumber energi untuk sebuah komputer agar dapat beroperasi. PS mengubah arus dari AC 110 volt 60HZ atau 220 volt 50 HZ menjadi DC +3.3 volt, +5 volt dan +12 volt.
PS harus membawa suplai listrik DC yang baik dan stabil sehingga sistem dapat beroperasi dengan baik.









































BAB III
MEMORI

3.1 Pengertian Memori

Memori adalah media penyimpan data pada computer. Memori adalah bagian dari komputer tempat program-program dan data-data disimpan. Bebarapa pakar komputer (terutama dari Inggris) menggunakan istilah store atau storage untuk memori.
Secara garis besar, memori dapat diklasifikasikan menjadi dua bagian yaitu memori utama dan memori sekunder.
Tanpa sebuah memori sebagai tempat untuk mendapatkan informasi guna dibaca dan ditulis oleh prosesor maka tidak akan ada computer-komputer digital dengan system penyimpanan program.

Berdasarkan  kecepatan aksesnya dapat dibuat hirarki memori seperti pada table berikut :
Selain  menyatakan  hubungan  kecepatan,  hirarki  tersebut  juga  menyatakan hubungan-hubungan lain, yaitu :
  • Hubungan Harga : Semakin  kebawah adalah harganya semakin murah. (Harga dihitung ber dasarkan rupiah per bit data disimpan).
  • Hubungan  Kapasitas  :  Semakin  keatas  umumnya  kapasitasnya  semakin terbatas.  Hubungan  frekuensi pengaksesan  : Semakin  keatas semakin  tinggi frekuensi pengaksesan.
Setiap kali pemroses melakukan eksekusi,  pemroses harus membaca instruksi dari memori utama.  Agara intruksi dapat dilakukan secara cepat  maka harus  diusahakan instruksi tersedia di memori pada hirarki berkecepatan akses lebih tinggi. Kecepatan
eksekusi ini akan meningkatkan kinerja system. Untuk itu terdapat konsep memori dua level, yaitu ditampung dulu sementara di memori pada hirarki lebih tinggi.

3.2 Register Memori

Tempat penyimpanan beberapa buah data volatile yang akan diolah langsung di
prosesor yang berkecepatan sangat tinggi. Register ini berada di dalam prosesor dengan
jumlah yang sangat terbatas karena fungsinya sebagai tempat perhitungan/komputasi
data. Merupakan jenis memori dimana kecepatan akses yang  paling  cepat, Memori ini terdapat pada CPU/Processor.
Contoh : Register Data, Register Alamat, Stack Pointer Register, Memory Addresss Register, I/O Address register, Instruction Register , dll

3.3 Cache Memory

Memori  berkapasitas  terbatas,  berkecepatan  tinggi  yang  lebih  mahal  daripada memori utama.Tempat penyimpanan sementara (volatile) sejumlah kecil data untuk meningkatkan
kecepatan pengambilan atau penyimpanan data di memori oleh prosesor yang
berkecepatan tinggi. Dahulu cache disimpan di luar prosesor dan dapat ditambahkan.
Misalnya pipeline burst cache yang biasa ada di komputer awal tahun 90-an. Akan
tetapi seiring menurunnya biaya produksi die atau wafer dan untuk meningkatkan
kinerja, cache ditanamkan di prosesor. Memori ini biasanya dibuat berdasarkan desain
memori statik. Cache memori difungsikan mempercepat kerja memori sehingga mendekati kecepatan prosesor. Konsepnya dijelaskan pada gambar dibawah ini :


Cache memory ini ada diantara memori utama dan register pemroses, berfungsi agar  pemroses tidak  langsung  mengacu  pada  memori utama agar  kinerja dapat ditingkatkan. Cache Memory ini ada dua macam yaitu :
1.      Cache Memory yang terdapat pada internal Processor , chace memory  jenis ini kecepatan  aksesnya  sangat  tinggi,  dan  harganya  sangat  mahal.  Hal  ini  bias terlihat pada Processor yang berharga mahal seperti P4,P3,AMD-Athlon  dll, semakin  tinggi  kapasitas  L1,L2  Chace  memori  maka  semakin mahal  dan semakin ceppat Processor.
2.      Chace  Memory  yang  terdapat  diluar  Processor,  yaitu  berada  pada MotherBoard,  memori jenis  ini kecepatan  aksesnya sangat  tinggi,  meskipun tidak  secepat  chache  memori  jenis  pertama  (  yang  ada  pada  internal Processor). Semakin  besar kapasitasnya maka semakin mahal dan  cepat. Hal ini bisa kita lihat pada Motherboard  dengan  beraneka ragam kapasitas chace memory yaitu 256kb, 512kb, 1Mb, 2Mb dll.
Dibawah ini adalah struktur organisasi cache memori :

3.4 Memori Utama

Memori yang berfungsi untuk menyimpan data dan program. Jenis Memori Utama :
1.      ROM ( Read Only Memory) yaitu memory  yang  hanya  bisa  dibaca  saja datanya atau  programnya.  Pada PC, ROM terdapat pada BIOS  (  Basic Input Output System)  yang  terdapat pada Mother Board yang berfungsi untuk men- setting peripheral yang ada pada system. Contoh: AMIBIOS, AWARD BIOS, dll ROM untuk BIOS terdapat beragamjenis diantaranya jenis Flash EEPROM BIOS  yang  memiliki  kemampuan  untuk  dapat  diganti  programnya  dengan software  yang  disediakan  oleh  perusahhan  pembuat  Mother  Board,  yang umumnya penggantian  tersebut untuk  peningkatan unjuk kerja dari peripheral yang ada di Mother Board.
2.      RAM  (Random  Acces  Memory) yang memiliki kemampuan  untuk dirubah data atau program yang  tersimpan  didalamnya. Ada bebrapa jenis RAM yang ada dipasaran saat ini:
    • SRAM
    • EDORAM
    • SDRAM
    • DDRAM
    • RDRAM
    • VGRAM
    • Dll.
Pada memori  jenis  RAM dikenal istilah BUS SPEED, seperti PC66, PC100, PC
133, PC200, PC 400 dll yang artinya adalah kecepatan aliran data atau program pada
memori dimana semakin besar nilai BUS SPEED, maka semakin cepat akses terhadap
memori tersebut.

3.5 Memori Sekunder

Merupakan  memori  tambahan  yang  berfungsi  untuk  menyimpan  data  atau program. Bersifat non-volatile, yaitu jika tidak ada listrik, maka isi memori tidak hilang dan tidak mempengaruhi langsung fungsi CPU.
Yang termasuk memori ini adalah:
  • Pita Magnetik
- Merupakan suatu lajur plastik tipis, lebar 1/2 inci, yang dilapisi dengan perekaman magnetik.
- Biasa terbagi menjadi 7/9 track searah panjang pita
- Kerapatan rekaman (bpi) yaitu 800, 1600, dan 6250 bpi.
- Terdapat satu bit paritas untuk pendeteksian kesalahan.
- Merupakan sistem SAM (Sequential Access Memory) yaitu data ditulis sesuai urutan pemunculannya.
  • Disk Magnetik
- Merupakan sebuah lembaran datar (platter)
- Terdiri atas : sebuah disk drive, sebuah kendali disk (interface), dan satu atau lebih disk (platter).
- Proses penulisan ke disk yaitu disk drive akan menimbulkan kemagnetan pada titik di atas permukaan disk yang secara langsung di bawah head.
 - Proses pembacaan dan disk, head diatur agar dapat mendeteksi perubahan arah kernagnetan.
- Terbagi secara logikal dikenal sebagai organisasi disk yaitu:
            Track : Sejumlah lingkaran yang konsentris
            Sektor : Pembagian permukaan disk secara belahan yang mempunyal ukuran yang              sama.
            Silinder : Dibentuk oleh track-track yang ber hubungan pada setiap permukaan.
  • Floppy disk
- Merupakan lembaran datar yang tipis dan fleksibel.
- Hampir sama dengan harddisk, tetapi kapasitas penyimpanan lebih rendah.

Hubungan antara Chace Memori, MemoriUtama dan Memori Sekunder dapat dijelaskan dengan gambar dibawah ini :


3.6 Karakteristik Sistem Memori

Untuk mempelajari sistem memori secara keseluruhan, harus mengetahui karakteristik-
karakteristik kuncinya.
Karakteristik penting sistem memori disajikan dalam tabel berikut


3.7 Keandalan Memori

Untuk memperoleh keandalan sistem ada tiga pertanyaan yang diajukan:
Berapa banyak ?Berapa cepat? Berapa mahal?
Pertanyaan berapa banyak adalah sesuatu yang sulit dijawab, karena berapapun kapasitas
memori tentu aplikasi akan menggunakannya. Jawaban pertanyaan berapa cepat adalah memori harus mempu mengikuti kecepatan CPU sehingga terjadi sinkronisasi kerja antar CPU dan memori tanpa adanya waktu tunggu karena komponen lain belum selesai prosesnya. Mengenai harga, sangatlah relatif. Bagi produsen selalu mencari harga produksi paling murah tanpa mengorbankan kualitasnya untuk memiliki daya saing di pasaran.
Hubungan harga, kapasitas dan waktu akses adalah :
·         Semakin kecil waktu akses, semakin besar harga per bitnya.
·         Semakin besar kapasitas, semakin kecil harga per bitnya.
·         Semakin besar kapasitas, semakin besar waktu aksesnya.
Dilema yang dihadapi para perancang adalah keinginan menerapkan teknologi untuk
kapasitas memori yang besar karena harga per bit yang murah namun hal itu dibatasi oleh
teknologi dalam memperoleh waktu akses yang cepat. Salah satu pengorganisasian masalah ini adalah menggunakan hirarki memori.
Seperti terlihat pada table berikut :


bahwa semakin menurunnya hirarki maka hal berikut akan terjadi :
  • Penurunan harga/bit
  • Peningkatan kapasitas
  • Peningkatan waktu akses
  • Penurunan frekuensi akses memori oleh CPU.

Kunci keberhasilan hirarki ini pada penurunan frekuensi aksesnya. Semakin lambat memori maka keperluan CPU untuk mengaksesnya semakin sedikit. Secara keseluruhan system komputer akan tetap cepat namun kebutuhan kapasitas memori besar terpenuhi.





3.8 Satuan Memori

Satuan pokok memori adalah digit biner, yang disebut bit. Suatu bit dapat berisi sebuah
angka 0 atau 1. Ini adalah satuan yang paling sederhana. Memori juga dinyatakan dalam byte (1 byte = 8 bit). Kumpulan byte dinyatakan dalam word. Panjang word yang umum adalah 8, 16, dan 32 bit.
Berikut adalah table tingkatan satuan memori :
































BAB IV
INPUT OUTPUT DEVICE


4.1 Input Device

Input device atau alat masukan bisa diartikan sebagai peralatan yang berfungsi untuk memasukkan data ke-dalam komputer. Jenis input device yang dimiliki oleh komputer cukup banyak. Dalam kehidupan sehari-hari, mata manusia juga bisa diartikan sebagai salah satu input device yang berfungsi untuk memasukkan data kedalam otak manusia.
Alat masukan atau Input Device dapat digolongkan ke dalam beberapa golongan yaitu :
  1. Intruksi tekan : keyboard, keypad, tuts, touch screen, joystick.
  2. Pointing Device : mouse, light pen, digitizer, track ball.
  3. Scan : scanner, MICR, OCR, OMR, Barcod.
  4. Sensor : web cam, camera digital.
  5. Voice Recognizer : microphone.

4.1.1 Intruksi Tekan
·         Keyboard
Keyboard merupakan alat input yang paling umum dan paling banyak digunakan. Keyboard komputer, secara phisik mempunyai bentuk seperti halnya keyboard pada mesin ketik manual/elektronik. Dengan digunakannya micro processor, maka data yang ada bisa langsung dikirim ke-CPU melalui keyboard.
Tombol-tombol utama yang dimiliki, memiliki susunan yang tidak berbeda dengan susunan tombol mesin ketik biasa. Tombol huruf terletak dibarisan atas, dan tombol alfabetis berada dibawahnya, disamping itu, tombol spasi juga diletakkan pada posisi paling bawah. Hanya bedanya, huruf atau angka yang diketik oleh keyboard komputer, akan tercetak pada layar.
Jika sebuah tombol pada keyboard ditekan, maka per (pegas) yang ada dibawahnya akan menekan logam yang ada dibawahnya, dan menyebabkan arus listrik bisa mengalir melewatinya Arus ini kemudian diterima oleh chip pada keyboard yang disebut microprocessor. Pada chip ini terdapat pelbagai alamat sehingga bisa diketahui, tombol mana yang ditekan. Pada saat yang sama, keyboard microprocessor juga meneruskan informasi yang ada ke-Interupt Contoller. Dari interupt controller inilah informasi yang ada kemudian bisa diterima oleh CPU agar informasi yang bersangkutan dapat ditampilkan pada layar monitor Sinyal-sinyal listrik ini kemudian diteruskan pada RAM sampai PC yang ada digunakan secara lebih lanjut.
·         Touch Screen
Touch Screen atau layar sentuh merupakan layar monitor yang akan mengaktifkan program bila layarnya disentuh dengan tangan atau mampu mendeteksi sentuhan jari atau stylus pada layar. Bekerja dengan menginterupsi matriks dari berkas cahaya, atau dengan perubahan kapasitans atau pantulan gelombang ultrasonic.
Touch screen atau layar sentuh memiliki kelebihan dan kekurangan yaitu :
Kelebihan :
o Cepat dan tidak membutuhkan pointer khusus.
o Baik untuk pemilihan menu.
o Cocok untuk lingkungan yang bersih dan aman.
Kekurangan:
o Jari dapat merusak layar.
o Jika menggunakan jari, tingkat keakuratan rendah.
o Sulit untuk memilih area yang kecil atau menggambar dengan presisi.
o Menimbulkan kelelahan pada tangan dan mata karena harus pada posisi dekat dengan layer.
·         Joystick


4.1.2 Pointing Device
·         Mouse
 Mouse atau moving detection mechanism bisa diartikan dengan tikus, dimana dengan adanya mouse, maka kursor (titik kecil yang berkedip pada layar, yang menandakan suatu posisi pada layar monitor) yang ada dilayar monitor bisa digerak-gerakkan seperti halnya gerak seeokor tikus, yaitu kesamping, kebawah, miring, melingkar atau kemana saja seperti yang dikehendaki oleh para pemakai komputer.
Dengan adanya mouse ini, pemakai komputer bisa secara tepat menempatkan kursor pada titik yang dikehendaki untuk kemudian digerak-gerakkan sesuai dengan arah yang dikehendaki. Pemakai komputer akan sangat terbantu dengan adanya mouse ini, terutama pada saat membuat grafik ataupun membuat gambar pada layar monitor.

·         Light Pen
Light pen juga merupakan salah satu input device dari sistem komputer yang banyak digunakan untuk keperluan menggambar teknis ataupun grafis. Light pen menyentuh layar monitor dengan pena. Posisi sentuhan di layar akan lebih tepat dan teliti. Light pen banyak digunakan karena untuk keperluan menggambar, keyboard dianggap tidak memadai dan hasilnya menjadi kurang teliti. Dengan menyentuhkan ujung light pen pada monitor, maka komputer bisa mengetahui posisi titik mana yang tersentuh oleh light pen.
Light pen sangat akurat karena dapat menandai piksel secara individual tetapi ada juga masalah yang muncul oleh light pen yaitu :
o Pena dapat mengganggu layar.
o Gampang rusak atau patah.
o Mudah hilang.
o Melelahkan tangan .
·         Trackball

4.1.3 Scan
·         Scanner
Scanner merupakan salah satu input device yang secara prinsip mempunyai cara kerja seperti halnya foto-copy. Hanya bedanya, hasil pembacaan scanner bisa disimpan didalam memory komputer, sedang pada fotocopy, hasil pembacaannya akan dicetak diatas selembar kertas.



·         OMR (Optical Mark Recognition)
OMR yang biasanya digunakan untuk membaca dokumen. OMR banyak digunakan untuk memriksa hasil ujian ataupun pada saat penerimaan mahasiswa baru. OMR akan membaca mark (tanda) yang diberikan pada lembar kertas. Tanda ini biasanya dibuat dengan menggunakan pensil 2B. Dengan menentukan posisi baris dan kolom pada kertas yang bersangkutan, dan kemudian dikonversikan pada tabel yang dimiliki, maka OMR bisa mengetahui jawaban yang diberikan salah atau benar.


·         MICR (Magnetic Ink Character Recognition)
MICR  alat pembaca pengenal karakter tinta magnetik, banyak digunakan di bank2 amerika untuk transaksi cek. Dibutuhkan tinta magnetik yg khusus supaya bisa dibaca oleh alatnya.
·         Barcode Reader

4.1.4 Sensor
·         Kamera digital
Kamera digital tidak menggunkan negatif-film, tetapi menggunakan layar LCD yang digunakan untuk mengatur gambar hasil bidikan dan internal memory untuk menyimpan gambar dalam bentuk image. Kodak DC-5000 Zoom sanggup menampung gambar kedalam internal memory-nya hingga 213 gambar. Gambar-gambar ini kemudian bisa dipindah kedalam komputer.


·         Webcam
4.1.5 Voice Recognizer
Biasa disebut : Speech Recognizer yaitu alat untuk membuat komputer mengerti omongan manusia.
Sedangkan handsfreenya untuk output devide atau media pengeluaran golongan suara




4.2 Output Device
Peralatan yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan ataupun pengolahan data yang berasal dari CPU kedalam suatu media yang dapat dibaca oleh manusia ataupun dapat digunakan untuk penyimpanan data hasil proses.
·         Ouput yang dihasilkan dari pengolahan data dapat digolongkan ke dalam 3 bentuk :
1. Tulisan (huruf, kata, angka, karakter dan simbol-simbol khusus)
2. Image (grafik atau gambar)
3. Suara (musik atau omongan)
·         Alat keluaran berbentuk :
1. Hard copy device
2. Soft copy device

4.2.1 Hard Copy device
Merupakan alat keluaran yg digunakan untuk mencetak tulisan, grafik atau gambar pada media pencetak. Contohnya : Printer, Kertas, dll
Jenis-jenis printer :
1. dot matrix
2. inkjet printer
3. laser

4.2.1 Soft Copy device
Merupakan alat yg digunakan untuk menampilkan tulisan, image dan suara pada media soft (lunak) yg berupa sinyal elektronik.
Contoh soft copy device :
1. video display (monitor)
2. flat panel display (Liquid Crystal Dispaly)
3. speaker











DAFTAR PUSTAKA





A. BUKU ILMIAH
  1. Hartono, Jogiyanto,MBA,Ph,D, (1999), Pengenalan Komputer, Andi Yogyakarta, Yogyakarta.
  2. Syafrizal, Daulay Melwin, S.Kom, (2007), Mengenal Hardware-Software dan Pengelolahan Instalasi Komputer, Andi Yogyakarta, Yogyakarta.





B. WEB SITE
  1. http://www.ilmukomputer.com
  2. http://www.pdf-search-engine.com
  3. http://www.infokomputer.com

Search Engine

PRODUK KAMU DISINI

ads ads